Taukah anda hewan hewan yang pernah berjasa dalam perang, cek dis wan out !

Beberapa jenis hewan biasa dipelihara oleh seseorang yang dijadikan sebagai perhiasan hidup, teman bermain atau sebagai penjaga rumah.


Kita tidak akan menyangka bahwa salah satu jenis hewan peliharan kita dirumah pernah dipakai sebagai hewan yang membantu suatu kelompok untuk memenangi peperangan sebelum kita melihat kenyataan yang akan saya tunjukkan dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang lazim dipakai di medan perang.

1.  Anjing

Pada jaman dahulu, anjing jenis German Sheperd ( Herder ) dipergunakan oleh tentara nazi untuk meledakkan tank-tank sekutu. Pada badan anjing itu diikatkan bom, dan sang anjing dilatih untuk berlari ke bawah tank musuh, dan saat itulah bom yang terikat di badan sang anjing malang akan meledak dan tentunya, sang anjing juga akan langsung kembali ke penciptanya.

Orang spayol juga menggunakan anjing yang dipersenjatai saat Spayol berperang melawan Amerika Serikat di abad - 16.

Dimasa modern sekarang ini, penggunaan anjing dalam fungsi keamanan tetap dipergunakan. Sebagai pendeteksi bom, zat terlarang sampai pelacakan buronan yang melarikan diri.

2. Kuda

Hewan yang satu ini menjadi hewan yang paling populer yang dipakai selama perang. Kuda tidaklah dipersenjatai layaknya anjing yang diikat bom, tetapi, para tentara menggunakan kuda sebagai alat transportasi yang handal.

Tidak ada jalan yang tidak bisa dilalui oleh kuda, rawa, bebatuan sampai perairan dangkalpun bisa dilewatinya dengan mudah.

Karna kemampuan inilah tentara lebih memilih menggunakan kuda daripada kendaraan perang yang lain, dengan berkuda, tentara dapat memasuki daerah musuh tanpa diketahui.

3. Unta

Sama seperti kuda, Unta juga sering dipergunakan dimasa perang jaman dulu. Hewan ini banyak dipergunakan dikawasan gurun yang panas dan kering di daerah Afrika Utara atau Timur Tengah.

Orang lebih memilih unta dari pada kuda karena kemampuan unta yang dapat hidup didaerah gersang yang panas dimana di daerah ini akan sangat sulit untuk menemukan sumber air.

Tentara Persia menggunakan unta yang sudah dipersenjatai, sedangkan bangsa Arab menggunakan unta pada saat menyerbu daerah musuh.

Penggunaan unta terakhir adalah pada masa Perang Dunia I.

4. Merpati

Merpati termasuk hewan yang paling populer dipergunakan pada saat jaman dulu. Dimana pada jaman itu alat komunikasi adalah hal yang mustahil ada.

Jadi untuk memberikan kabar, surat perintah dan hal lain yang begitu penting, maka para tentara menggunakan merpati.

Burung ini menjadi pilihan karena kemampuan navigasinya yang terbaik dari semua jenis burung. Burung ini dapat kembali ke sarang walaupun telah dibawa sejauh ratusan kilometer dari sarangnya. Kejayaan burung merpati terakhir dimasa Perang Dunia I, dimana pada saat itu, tentara sekutu menggunakan 200.000 merpati untuk kepentingan komunikasi dengan markasnya.

5. Keledai

Pada jaman perang dulu, keledai dipergunakan untuk membawa bekal makanan, pakaian, barang-barang bahkan persenjataan para prajurit.

Pada jaman dulu, tentara Roma membawa 1 keledai tiap group-group perangnya.

Penggunaan keledai pada medan perang juga masih dipergunakan hingga pada saat ini. Keledai masih dipergunakan oleh tentara Amerika Serikat yang sedang bertugas di Afganistan untuk mengantar barang ke pos-pos terpencil di pengunungan Afganistan.

6. Gajah

Hewan besar yang satu ini dipergunakan oleh tentara Kerajaan Kuno yang ada di India.

Pada saat itu, gajah dipergunakan untuk menginjak tentara, menusuk dengan gadingnya dan melemparkan orang dengan belalainya.

Setelah India, gajah juga dipergunakan oleh kerajaan di Persia dan Negara Timur tengah.

Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan gajah adalah, kuda seringkali takut melihat tubuh gajah yang besar hingga membuat kuda tidak akan berani berhadapan langsung dengan gajah.


=====================================================

Itulah beberapa jenis binatang yang dipergunakan pada saat perang.

Comments