Terasering, Bercocok Tanam di Tebing

Tahukah anda apakah itu Terasering ?


Terasering adalah "Suatu cara atau metode bercocok tanam di area pengunungan, lereng gunung atau lahan dengan kemiringan tertentu"

Berikut ini adalah beberapa contoh Terasering Bercocok Tanam Di Tebing yang ada di Dunia.




1. Terasering Di Bali



Terasering (sawah berteras-teras) dapat ditemukan hampir diseluruh wilayah di Indonesia, salah satunya di pulau dewata - Bali. Masyarakat Bali bergantung pada metode pertanian ini hampir 2000 tahun lamanya. Terasering ini berada di sebelah utara desa Tegallalang daerah Ubud, dimana terdapat serangkaian sawah teras yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan dan para Fotografer.

Didaerah Bali, terasering dapat juga ditemukan di daerah Sayan, Jatiluwih, Pupuan dan Tabanan. Sistem pengairan terasering di Bali ini, dikelola oleh seorang tokoh masyarakat yang dinamakan dengan Subak, sang Subaklah yang mendistribusikan air irigasi dengan jadwal yang ketat, sehingga seluruh sawah di system terasering ini dapat terairi dengan baik

2. Terasering Longji di China



Longji artinya "Tulang Punggung Naga" dimana terasering ini dibangun lebih dari 500 tahun yang lalu selama Pemerintahan Dinasti Ming. Terasering Longji berada di daerah Longsheng sekitar 1 jam perjalanan dari Guilin. Pada awalnya, Terasering ini dibuat karena lahan pertanian yang terbatas dan kurangnya pasokan air.


3.  Terasering Douro di Portugal



Terasering di lembah Douro Portugal ini adalah terasering yang menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit di Negara Portugal, dimana di sekitar lembah ini banyak hotel - hotel murah maupun yang berbintang yang menyediakan jasa penginapan dengan view terasering yang menakjubkan.

4. Terasering Sarinas De Maras di Peru


Kalau biasanya, Terasering itu untuk pertanian, kali ini, kita akan mengenal Terasering untuk tambang garam yang terletak di Peru. Cara kerja tambang garam ini sama persis seperti cara kerja penambang garam di tepi laut. Tetapi Kalau penambang garam di pantai memanfaatkan air laut, terasering Sarinas De Maras ini menggunakan air garam langsung dari sumber mata air yang memang sudah mengandung garam.

5. Terasering Pisac di Peru


Selain terasering Sarinas De Maras, Peru juga mempunyai terasering yang sangat menakjubkan. Tetapi Terasering ini digunakan untuk membudidayakan beberapa jenis tanaman. Pisac yang berarti "ayam hutan" dalam bahasa suku Inca.


6. Terasering Moray di Peru


Lagi - lagi Peru memunculkan terasering yang menakjubkan, kali ini, Terasering Moray dipergunakan sebagai Laboratorium Pertanian peninggalan suku Inca.
Terasering Moray terdiri dari beberapa ruas melingkar yang digunakan untuk mempelajari efek dari kondisi iklim yang berbeda pada tanaman. Dimana semakain ke bawah, suhu di terasering ini juga akan semakin rendah, sedangkan kedalaman terasering ini mencapai 150 meter.

7. Terasering Hani


Terasering Hani berada di bawah desa disisi pegunungan Ailau daerah Yuanyang China. Terasering ini berdiri sekitar 1.000 tahun yang lalu dan dibuat oleh tangan - tangan handal suku Hani.
Terasering ini cukup unik karena terasering ini tidak hanyak ditanami oleh padi, tetapi juga dijadikan kolam ikan yang dipercaya, hasil dari terasering ini cukup untuk ratusan ribu orang.
Terasering ini akan terendam dari bulan Desember - Maret dimana sumber air di terasering ini berasal dari hutan hujan di puncak bukit.

8. Terasering Sa Pa di Vietnam


Terasering Sa Pa berada di Barat Laut negara Vietnam. Vietnam adalah salah satu negara penghasil pertanian terbaik di Asia Tenggara. 

Terasering ini tepatnya berada di lembah Muong Hoa, diantara kota Sa Pa dan Gunung Fansipan.

Ada beberapa suku yang masih tetap eksis untuk menggunakan terasering Sa Pa yaitu Hmong, Giay, Dao, Tay dan Giay. Terasering Sa Pa umumnya ditanami Padi, Jagung dan Sayuran.

9. Terasering Banaue di Filipina.


Terasering Banaue terletak pada ketinggian 1.525 Meter diatas permukaan laut. Terasering ini terletak di Pegunungan Cordillera di negara Filipina. 

Terasering Banaue dibuat langsung oleh suku Ifugao tampa bantuan alat apapun dan diperkirakan terasering ini telah berumur 2.000 tahun.

Terasering ini cukup luas, curam dan padat. Saking luasnya, apabila terasering ini diukur dari ujung ke ujung, maka akan sama dengan panjang dari setengah keliling dunia.

Sayangnya, terasering ini sudah mulai ditinggalkan karena sudah banyak suku Ifugao yang sudah mulai bermigrasi ke Kota.

10. Terasering Ollantaytambo di Peru.



Terasering Ollantaytambo ini berada Selatan Peru. Terasering ini lembah - lembah sepanjang pegunungan Ollantaytambo.


Itulah 10 Terasering, Bercocok Tanam Di Tebing yang ada di dunia.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, share supaya temanmu yang lain juga mengetahuinya.

Comments