Sashimi - Makanan Eksotis Ala Jepang

Yang namanya makanan biasanya disajikan dengan terlebih dahulu dimasak, dibumbuin, dicampur dengan bahan lain barulah disajikan.

Tapi di beberapa negara bagian di dunia ini, ada beberapa jenis makanan yang berasal dari hewan yang penyajiannya tanpa dimasak. Disajikan mentah-mentah tanpa proses apapun. 


Yah ... kalau menurut mereka yang sudah langganan akan makanan ini seh katanya enak, tapi apakah anda mau mencobanya ???



Berikut adalah beberapa jenis hewan yang disajikan tanpa dimasak alias Mentah (sashimi) !

1. Tiram


Tiram adalah sejenis kerang yang hidup di dasar laut dangkal. Tiram atau Osyter adalah salah satu menu makanan populer yang disajikan oleh restoran - restoran mahal.

Tiram disantap mentah hanya dengan mencampur dengan tetesan jerul lemon kemudian ditata sedemikian rupa diatas taburan es yang menjaga menu ini tetap segar.




2. Sashimi katak

Di Indonesia, katak di konsumsi dengan terlebih dahulu dimasak dengan bumbum taoco atau di goreng kemudian di sambal, itu kalau di Indonesia.

Kalau di Jepang, makanan dengan bahan katak biasanya akan disajikan secara mentah-mentah, tanpa dimasak sedikitpun.

Penyajiaannya juga termasuk kategori extrim, dimana katak akan dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian disajikan lengkap dengan kulit yang sudah terlepas dari dagingnya. Menu katak ini hanya direndam di dalam es batu kemudian ditaburi perasan jeruk lemon.

Semua bagian akan terlihat diatas piring selain bagian perut yang tentunya sudah di buang.

Sashimi katak merupakan menu favorit di Jepang setelah Sashimi ikan.

3. Gurita

Menu gurita adalah menu favorit yang berasal dari Korea. Menu ini disebut dengan Sannajaki. Merupakan menu yang cukup terkenal di negara Korea.

Gurita biasanya dimakan dengan bumbu minyak wijen.

Hal unik yang bisa kita lihat dari menu ini adalah disaat hendak dimakan, tentakel gurita akan dipotong dari gurita yang masih hidup dan masih bergerak saat tentakel ini dicelupkan ke minyak wijen dan masuk kedalam kerongkongan.

Tentakel gurita yang baru masuk ke mulut kadang masih bergerak memberikan perlawanan, kalau tidak segera di kunyah, maka akan sulit untuk menelan menu makanan ini.

4. Bulu Babi

Menu ini bukan berasal dari Pork lho, walaupun namanya bulu babi, tetapi binatang ini hidup di laut, dikenal dengan nama Landak Laut (echinoidea)

Menu ini menjadi menu favorit di Italia. Menu ini dinamakan Ricci di Mare. Saat disajikan, bulu babi akan disusun diatas piring dengan alat pembuka berupa gunting. Bagian yang dimakan dari bulu babi ini adalah bagian dalam cangkang yang disendokkan ke dalam mulut.

Yang harus diperhatikan pada saat menyantap menu ini adalah hindari terkena jarum-jarum panjang yang ada disekujur tubuhnya, jarum ini mengandung racun yang tidak terlalu kuat tetapi cukup membuat kita tidak nyaman.

5. Drunken Shrimp


Ya, Udang Mabuk !

Menu yang cukup unik ini berasal dari China, disajikan dalam keadaan hidup tetapi terlebih dahulu udangnya diletakkan di dalam mangkuk yang berisi cairan alkohol yang berkadar 40 - 60 %.

Alhasil, udangnya akan mabuk dan bergerak dengan sangat agresif, dan saat inilah waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya.

Udang yang dipakai adalah udang yang berukuran besar, karena udang yang berukuran besar tidak terlalu banyak bergerak disaat sudah mabuk, paling juga hanya mencoba kabur dari mangkok atau saat gigi kita sudah mulai menggigit udangnya.


6. Salad Noma

Klo dari namanya seh kelihatan elegan, lucu dan menggemaskan, tetapi coba anda pesan menu yang satu ini, pasti anda akan terkejut dengan apa yang disajikan didepan anda.

Menu yang disajikan hanyalah berupa sayuran yang diatasnya diberi salad, itu saja. Yang membuat menu ini unik adalah campuran saladnya.

Ya, Saladnya di campur dengan semut hitam yang terlebih dahulu disimpan di lemari pendingin, sehingga semut akan jalan perlahan.

Tidak terbayang bagaimana rasanya, tetapi yang pasti, harga menu ini berbanding terbalik dengan bentuk penyajiannya.

7. Naniura (Indonesia, Batak)

Nah klo yang ini asli dari dalam negeri, dari Sumatra Utara, orang batak punya klo yang satu ini.

Sama seperti yang lain, menu ini disantap tanpa proses pemasakan apapun. Bahannya adalah ikan mas yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan di bumbuin dengan andaliman serta kunyit.

Jangan tanya rasanya, sebagian besar orang batak akan suka dengan menu yang satu ini, Naniura.


Itulah  makanan makan yang lazim dimakan dalam keadaan mentah, ala ala Sashimi gitulah.

Comments