Burung - Burung Terunik Yang Ada Di Muka Bumi

Ada banyak jenis burung di Bumi ini, tetapi diantara mereka, ada beberapa yang dikategorikan sebagai burung yang sangat unik.

Dikatakan unik karena, burung - burung yang saya akan share disini memiliki ciri - ciri khusus yang memang sangat berbeda dengan burung yang lain.


1. Sri Langka Frogmouth


Burung ini hidup di daerah India dan Sri Langka. Burung - burung ini biasanya keluar dan beraktifitas di malam hari. Burung ini menyukai habitat yang berupa hutan tropis yang lebat.
Sri Langka Frogmouth | lapak-info.blogspot.co.id


Warna bulu burung ini tergantung pada apakah burung ini berjenis kelamin pria atau wanita. Burung betina, memiliki bulu yang kemerahan dengan bintik - bintik putih yang tersebar diseluruh tubuh.

Sedangkah yang laki - laki, memiliki warna abu - abu dengan bintik - bintik putih yang padat.



2. Helmeted Hornbill

Burung ini termasuk burung yang hidup di hutan lebat sepanjang garis Khatulistiwa. Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Sumatra adalah daerah "kekuasaan" burung ini.
Helmeted Hornbill | lapak-info.blogspot.co.id

Bulu burung ini sebagian besar berwarna hitam, tetapi ada juga bulu putih yang terletak di perut atau ekor sang burung.

Umumnya, burung ini memiliki kepala yang keriput dan leher yang berwarna merah pada laki - laki dan leher yang berwarna biru pada perempuan.

Berat badan burung ini biasanya di timbulkan oleh kepala mereka yang memang berukuran jumbo dibandingkan burung yang lain.



3. Bee Hummingbird

Burung yang sangat kecil ini adalah burung terkecil yang ukurannya hanya 5-6cm dan hanya mempunyai berat badan sekitar 1.6 - 2 g. Sangat kecil sekali dibandingkan dengan burung yang lain.
Bee Hummingbird | lapak-info.blogspot.co.id

Burung yang bernama latin Mellisuga Helenae adalah spesies burung yang hidup di hutan hujan di daerah Cuba.


4. Sage Grouse

Burung yang mempunyai nama latin Centrocercus Urophasianus merupakan burung yang paling unik dan langka di dunia.

Sage Grouse | lapak-info.blogspot.co.id
Menurut penelitian, burung yang berhabitat asli di Amerika ini hanya tersisa  sebanyak 5000 ekor yang hidup di alam liar. Dan burung yang ditemukan sekitar 13 tahun lalu ini diperkirakan akan punah karena tingginya tingkat kematian burung ini.

Hal yang unik dari burung ini adalah, ketika mau kawin, burung pejantan akan mengibaskan ekornya yang runcing dan membuat suara gaduh tertentu serta mengembungkan kantung udara yang berwarna kuning ada ada pada bagian dada mereka.


5. Gentoo Penguin

Yang namanya burung, biasanya menghabiskan hidupnya di udara dan terbang, tetapi yang satu ini, Gentoo Penguin, tidaklah demikian, karena memang burung ini tidak mempunyai sayap.
Gentoo Penguin | lapak-info.blogspot.co.id

Burung yang hidup di daerah Gerogia Selatan kepulauan Falkland dan Lles Kerguelen ini hidup di daerah dangkal dimana makanan utamanya adalah ikan - ikan liar yang ditangkapnya dengan menyelam dan meluncur cepat di dalam air.

Mereka berkembang biak di musim dingin di pulau - pulau sub - antartika bagian utara dan bertelur 2 telur di awal juli.

Burung ini pernah membukukan penyelaman sedalam 300 meter.


==================================================================

Demikian beberapa Burung - Burung Terunik Yang Ada Di Muka Bumi, Terimakasih.

Comments