Negara-Negara Maju yang Tidak menyelenggarakan UJIAN NASIONAL


Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu momok yang paling menakutkan dalam proses belajar di Indonesia. Walaupun banyak kalangan, pengamat pendidikan dan politisi tidak setuju akan adanya UN, tetapi pemerintah tetap memberlakukan peraturan akan adanya UN.

Terlepas dari banyaknya masalah yang menerpa selama proses menjelang UN (saat ini UN untuk SMA sudah dilaksanakan) misalnya anak yang stress, beban belajar yang semakin tinggi, keterlambatan pembagian berkas UN sampai adanya joki dan kebocoran soal UN, pada kenyataannya UN tetap dijalankan.

Mungkin kita bisa bercermin dari beberapa negara maju yang di negaranya tidak menerapkan aturan UN untuk menentukan kelulusan seorang peserta didik. Siapa tau, suatu saat nanti, Indonesia juga bisa menghapuskan adanya UN dan kelulusan peserta didik diserahkan kepada sekolah masing-masing.


Berikut beberapa negara yang tidak mengenal adanya UN :

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah sebuah negara yang memiliki tingkat pertumbuhan pendidikan yang masuk kategori terbaik di dunia ini.

Di negara ini kita bisa jumpai banyak sekolah-sekolah yang memiliki kualitas diatas rata-rata dan dengan lulusan-lulusan yang terbaik tentunya.

Negara ini tidak mengenal yang namanya Ujian Nasional, Ujian yang diadakan serentak di seluruh negeri.
Tetapi hanya sebuah ujian yang diselenggarakan di setiap state masing-masing negara bagian. Dan tentunya sekolahlah yang menentukan kelulusan setiap peserta didik sesuai dengan kemampuan setiap individu.

Dalam hal pendidikan, negara ini tidak memandang seorang peserta didik itu lulusan dari mana, apakah dia berasal dari sekolah unggulan, tidak unggulan atau dari pelosok sekalipun berhak untuk mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi yang paling terkenal sekalipun. Jikalau sesorang itu lulus ujian masuk ke Universitas maka dia berhak untuk mengikuti kuliah di tempat tersebut.

Jadi yang diutamakan adalah skill individu bukan background sekolah.

 2. Australia

Negara yang dikenal dengan hewan eksotis yang bernama Kanguru ini tidak menerapkan Ujian Nasional, bahkan mereka tidak mengenal samasekali apa itu UN.

Yang ada hanyalah Ujian State. Ujian state ini tidak menentukan peserta didik itu lulus atau tidak, namun ujian state hanya menentukan kemana siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan.

Total Nilai yang didapat selama ujian state ini juga tidak menentukan seorang peserta didik lulus atau tidak, Semuanya dinyatakan LULUS.

Peserta didik dengan nilai NOL (0) sekalipun mendapat sertifikat LULUS tetapi dia akan sangat sulit untuk melanjutkan pendidikannya.

3. Kanada

Sama dengan negara yang sudah saya sebutkan diatas, Kanada juga tidak menerapkan adanya Ujian Nasional. Negara yang berada di Utara Amerika Serikat ini tidak menerapkan Ujian Nasional karena mereka beranggapan bahwa UN tidak bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di negara itu.

Untuk menjamin mutu pendidikan disana, Kanada membuat suatu lembaga penjamin mutu pendidikan yang akan mengontrol secara ketat pelaksanaan pendidikan di negara itu mulai dari yang paling dasar sampai jenjang pendidikan yang tertinggi.

Perguruaan tinggi disana juga tidak kesulitan untuk menerima peserta didik dari lulusan sekolah manapun  di negara itu, karena sudah dipastikan bahwa darimanapun peserta didik berasal sudah pasti mutu pendidikannya sama.

4. Jepang

Tidak dipungkiri lagi bahwa Jepang adalah salah satu negara maju di dunia ini.

Jepang tidak menerapkan istilan Ujian Nasional, kalau di Jepang, para pelajar mati-matian belajar hanya untuk masuk ke perguruan tinggi. Jadi setiap siswa yang sudah lulus tes masuk ke sebuah perguruan tinggi, saat itu jugalah dia dinyatakan lulus dari sekolah tersebut.

5.  Jerman

Jangan pernah berharap akan menemukan Ujian Nasional di Jerman, karena kebijaksanaan negara ini akan pendidikan itu berupa membantu setiap peserta didik untuk mengembangkan secara optimal kemampuan dirinya sendiri.

Negara akan berusaha untuk :
  1. Menyediakan guru profesional yang akan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk dunia pendidikan.
  2. Menyediakan fasilitas sekolah yang menyenangkan dan tidak membuat stress para peserta didik tetapi sangat menunjang terciptanya pendidikan yang baik.
  3. Menyediakan media-media pembelajaran yang lengkap.
  4. Menyelenggarakan program evaluasi belajar yang berkelanjutan.
Dengan cara seperti inilah, Jerman dapat menciptakan lulusan peserta didik yang dapat diandalkan.

6. Finlandia

Finlandia disebut sebagai sebuah negara yang memiliki system pendidikan yang termaju di dunia. Negara ini juga tidak mengenal adanya Ujian Nasional.

Evaluasi setiap peserta didik sepenuhnya dilaksanakan oleh guru yang bersangkutan. Dan negara selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan setiap guru dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi guru secara teratur.

Setiap siswa, mendapat hasil belajar secara pribadi tanpa membandingkan dengan kemampuan peserta didik yang lain, tentunya tidak ada peringkat disini.

Mereka menyakini bahwa setiap individu berbeda, dan kemampuan setiap orang tidak akan sama dengan orang lain.


==============================================================

Demikianlah beberapa negara di dunia ini yang tidak menerapkan adanya Ujian Nasional.

Comments