Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita

Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita | lapak-info.blogspot
Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita - Bumi semakin panas, ribuan gunung - gunung es di daerah kutub utara maupun kutub selatan banyak yang mencair, dulunya kita masih dapat menemukan tumpukan es di Puncak Jaya, Gunung tertinggi yang ada di Irian Jaya.

Tetapi sekarang ? Cuaca yang tidak menentu, siang - malam selalu didera oleh panas, suhu bumi meningkat, Es di kutub utara dan selatan mulai mencair dan lain sebagainya, Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita


Apakah kita mau bumi kita hancur, sementara kita sendiri tinggal, numpang dan berdiam disini ? banyak hal yang sudah dilakukan orang untuk menyelamatkan bumi, mulai dari kampaye Earth Hour, sampai melakukan reboisasi segala tempat.


Tetapi apakah cukup sampai disitu ?


Ada hal kecil yang sebenarnya sangat berpengaruh dalam menyelamatkan bumi, yaitu perbuatan kecil yang dimulai dari diri sendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal kecil yang dapat kita lakukan untuk melakukan gerakan Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita :

1. Utamakan Daur Ulang

Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita
Utamakan Daur Ulang | lapak-info.blogspot.co.id

Saat ini, banyak perusahaan perusahaan penjualan sudah menyediakan kantong belanjaan yang tidak terbuat dari plastik, tetapi terbuat dari kertas daur ulang.

Dalam hal berbelanja, banyak orang yang sudah membiasakan untuk membawa kantong sendiri dari rumah, dan selalu berusaha untuk seminimal mungkin menggunakan kantong plastik untuk belanjaan mereka.

Saat berbelanja, usahakan untuk belanja untuk waktu yang cukup lama untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik.

Dan jangan lupa, Hindari penggunaan barang yang sekali pakai !

2. Utamakan Bahan Organik

Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita
Utamakan bahan organik | lapak-info.blogspot.co.id

Selain aman dan dapat didaur ulang, bahan organik juga menyehatkan bagi tubuh. Karena dalam proses produksi diusahakan untuk menghindari penggunaan bahan kiwia, baik saat pemupukan atau pemberian pakan atau saat pengolahannya.

"Tapi sayuran serta buah - buahan organik itu kan lebih mahal"

Ya memang lebih mahal, tapi kesehatan kita juga terjamin toh ?



3. Jalan kaki atau Bersepedalah !


Ya, jalan kaki atau bersepeda !
Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita
Olahragalah | lapak-info.blogspot.co.id

Sudah menjadi rahasia umum, pertumbuhan angka penjualan kendaraan bermotor di Dunia terus meningkat, padahal, tingkat kerusakan lapisan ozon yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor nomor 3 setelah Asap pabrik dan dampak rumah kaca. Saat ini, untuk beli permen ke warung saja orang lebih milih naik motor daripada jalan kaki atau bersepeda, alasan klasik, lebih simpel atau malas .

Dengan berjalan kaki atau bersepeda kita mendapatkan lebih banyak manfaat, Olahraga dan kesehatan

4. Hindari penggunaan pengering Pakaian.


Panas matahari itu menyehatkan lho dari pada kita mengeringkan pakaian menggunakan mesin cuci, hindari itu !

Dengan menjemur pakaian, kita mendapatkan beberapa keuntungan yakni tidak lengket, berbau segar dan terhindar dari hama penyakit. 

Selain itu juga, kita bisa menghemat penggunaan listrik, dan tentunya tarif pembayaran listrik juga berkurang bukan !

5. Matikan Air dan Listrik jikalau Tidak Dipergunakan.

Sering kita lalai untuk melakukan 2 hal sepele yakni matikan saluran air dan penggunaan listrik jika tidak dipergunakan.

Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita
|Pergunakan listrik seperlunya | lapa-info.blogspot.co.id
Apa hubungannya listrik dan air dengan kerusakan bumi ?

Listrik dan air diproduksi dengan mesin yang sangat besar, tentunya mesin ini juga butuh minyak atau gas supaya bisa bekerja. Dan tentunya, mesin yang dipergunakan untuk memproduksi listrik dan air juga mengeluarkan gas karbon yang cukup besar.

Dengan menghemat listrik dan air, kita juga bisa berhemat bahan bakar dan cadangan air yang ada di dalam tanah.

===========================================

Demikianlah beberapa tips dan trick sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelamatkan bumi. Masih banyak tips yang lain yang bisa kita lakukan, tetapi cukup ini saja, sudah berpengaruh terhadap bumi kita tercinta, Jagalah Bumi Untuk Masa Depan Kita

Comments